Selasa, 08 Juni 2010

Sukses Berbisnis Online Shop

Sudah hal pasti kita tahu apa itu online shop. Mungkin beberapa dari kita sedang mengusahakan bisnis ini. Kalau kita lihat di dunia maya, sudah banyak nama online shop yang beredar di media sosial seperti Facebook. Misalnya saja Nafa Shop, Rheinz Butik, dan lainnya. Rata-rata, mereka yang mengusahakan bisnis ini berasal dari kalangan mahasiswa. Dengan alasan ingin mencari uang dan meringankan beban orang tua, mereka mencoba berbisnis online shop.

Adapun seorang mahasiswa angkatan 2006, Jurusan Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Sumedang, memulai bisnis ini sejak awal 2009. Bahkan walau baru berjaan selama satu setengah tahun ini, sudah banyak keuntungan yang dihasilkan olehnya.

Sri Rahayu, atau yang sering dipanggil Tiliet, mengawali bisnis ini hanya karena iseng-iseng saja. “Dulu karena baju saya itu banyak dan enggak tahu harus diapain, jadinya saya itu jual ke temen-temen. Kemudian, ternyata waktu itu di kosan mau pasang internet, saya mulai berpikir, kenapa enggak coba bisnis online shop aja? Dan akhirnya jadi seperti sekarang,” tutur wanita kelahiran Karawang, 29 Desember 1988 ini.

Online shop yang didirikannya ini hanya menjual beraneka jenis baju. “Pernah mencoba jual sepatu, tapi itu hanya bertahan tiga sampai empat bulan,” ucapnya.

Dengan mengusung nama d’Leaf Shop, Kisaran harga yang ditawarkan semuanya di bawah Rp 50.000,00. Pengirimannya pun mudah, yaitu dengan menggunakan jasa pos JNE. “Pembayarannya bisa lewat rekening BCA, BNI, dan Mandiri,” jelasnya.

Walau sulit untuk merata-rata berapa penghasilan yang berhasil dikumpulkan, Tiliet mengaku bahwa dari bisnis ini, ia sudah bisa menghidupi dirinya tanpa harus dibiayai oleh orang tuanya lagi.

“Saya juga membantu orang lain yang ingin berbisnis seperti ini juga. Bagi mereka yang re-saler, harganya sekitar Rp 35.000,00-an saja. Re-saler ini juga sudah ada di mana-mana,” lanjutnya.

Walau ia pernah mengalami ditipu oleh pembelinya, tapi hingga sekarang, sekali upload foto bajunya di Facebook, barang tersebut langsung dipesan hingga beberapa piece. “Saya punya supplier sendiri di Bandung. Biasanya untuk model-model bajunya, saya melihat dari majalah-majalah, dan saya buat replika yang hampir mirip dengan itu,” ucap gadis yang memang sudah menyukai fashion sejak dulu dan suka berbisnis ini.

Meskipun dulu sempat berbisnis bersama dengan temannya dan memiliki empat online shop (termasuk d’Leaf shop), hingga sekarang, hanya online shop miliknya saja yang masih bertahan. “Bisnis ini sendiri saja. Apalagi yang lain juga sedang sibuk, akhirnya saya tetap menjalankan yang punya saya sendiri saja,” lanjut Tiliet yang juga sedang mempersiapkan skripsinya.

Tiliet juga memiliki saran yang bisa kamu gunakan, jika suatu saat nanti kamu juga ingin menjalankan bisnis online shop. “Harus percaya diri kalau kamu bisa menjalankan bisnis ini. Dan kalau memang sudah terjun di dunia online shop, harus hati-hati, karena bisa saja tertipu. Jangan takut untuk bersaing juga, apalagi sudah banyak bisnis yang semacam ini,” ujarnya.

Online shop memang akan selalu berkembang, seiring dengan kemajuan teknologi. Apalagi jika mengingat banyak keuntungan yang bisa didapat dari bisnis semacam ini. Jika kamu memang ingin dan berminat menjalankan bisnis ini, jangan ragu untuk memulainya. Siapa tahu kamu bisa menjadi seperti Tiliet.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi d’Leaf Shop di Facebook, dan kalau kamu suka, langsung pesan saja. Ok?


Fitriana Aprilcilla Suherli, 210110080039

3 komentar:

Imanuelia Kristi mengatakan...

hahaha, jadi teringat sy pernah berniat untuk berbinis online shop dengan produk pernak pernik lucu, tp blm tersampaikan..:(
sy sgt mendukung bgi para mahasiswa yg mau berwirausaha sambil kuliah, krn akn dpt pgalaman byk skli dlm berwirausaha dan membuat kita belajar banyak hal dan menjadi bekal setelah kita lulus nanti:)

Anonim mengatakan...

http://cikarangonline.com

Gabung yuukkk di WORKSHOP “Bagaimana Membuat dan Mengelola Toko Online”
Minggu,8 Agustus 2010, Lokasi di Resto. Sami Kuring-Cikarang.
Biaya Pendaftaran Rp. 100.000,- Sudah termasuk Makan Siang.
Seperti Biasanya : Banyak hadiah menanti.
DAFTARKAN DIRI ANDA KE :
1. NETCOMM COMPUTER TELP. 89834102
2. IPUNG PURWANTO TELP. 081510901803
3. ARRY KURNIA TELP.08128138855
4. WAWAN DARMAWAN TELP.085217260001
PENDAFTARAN BISA TRANSFER KE REKENING :
BCA NO. 8730065885. a/n : DARMAWAN SAEFULLAH PESERTA TERBATAS !
PANITIA BERSAMA.
CIKARANGONLINE.COM, BLOGGERCIKARANG, CIMART

Blizzara Shop mengatakan...

mantap Kak Sri, jualan online nya. Saya juga punya toko online di www.blizzarashop.com
Minta sarannya kak, gimana supaya online shop kita makin eksis n bisa diliat banyak orang, dan sukses tentunya.