Kamis, 10 Juni 2010

Jiwa Sudah Menyatu, Menghabiskan Uang Tak Ragu

Pernahkah Anda mendengar, melihat, bahkan memegang boneka yang dirancang khusus “DEWASA”? Bisa dikatakan mirip Barbie, bisa juga tidak karena biaya perawatannya melebihi biaya hidup manusia!
Salah satu gaya hidup dua mahasiswi Universitas Kristen Maranatha, Bandung mempunyai keunikan dan keanehan tersendiri. Sabeth dan Sera menghabiskan sebagian besar waktunya dengan sebuah boneka yang dirancang khusus orang dewasa, Ball jointed-doll (BJD). Keduanya menganggap BJD kesayangannya sebagai “anak” mereka.
Boneka yang dikenalkan pertama kali oleh Jepang ini memang tidak diperuntukkan bagi anak-anak. Hal itu dikarenakan boneka modern ini berbahan dasar Polyuthine resin, plastik dan senar baja didalam badannya. Substansi-substansi tersebut membahayakan bagi anak-anak.
Salah satu merk BJD yang cukup terkenal dan banyak dibeli adalah Super Dolfie. Super Dolfie pertama dibuat di Korea (1999). Sekitar 2005-2006, BJD mulai terkenal di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tak jarang pula yang mulai gemar mengoleksinya.
BJD memang bukan boneka biasa. Hal itu dikarenakan merawat BJD melebihi merawat diri sendiri sebagai manusia. Sabeth dan Sera tak main-main menghabiskan uang jajannya untuk gaya hidup yang satu ini. Sabeth mempunyai Super Dolfie ukuran 40 cm yang ia beli secara online dari Korea, “Fey”. Di sisi lain, Sera punya Super Dolfie ukuran 40 cm yang ia beri nama “Kou” dan ukuran 70 cm, “Kei”. Untuk ukuran 40 cm seperti “Fey” dan “Kou”, harganya berkisar tiga juta rupiah sedangkan ukuran 70 cm seperti “Kei” harganya lima juta rupiah. Harga tersebut belum termasuk baju dan aksesoris (nude).
Sabeth sudah menghabiskan sekitar dua juta untuk baju dan aksesoris “Fey”. Setiap bulannya, ia menyisihkan uang sebesar enam ratus ribu rupiah untuk perawatan dan sebagiannya untuk membeli baju dan aksesorisnya. Tak jarang, untuk mengumpulkan uang sebesar itu, ia sering berpuasa. Sedangkan Sera sudah menghabiskankan sekitar sepuluh juta untuk “Kei” dan “Kou”. Tiap bulannya ia menabung satu juta rupiah, murni dari uang jajannya.
Mereka berdua mengaku tidak keberatan mengeluarkan uang banyak karena Super Dolfie yang mereka miliki, dianggap seperti anak yang amat mereka sayang. Sera menambahkan, kedua Super Dolfienya memiliki jiwa dan sudah menyatu dengan dirinya. Jika ia sedang merasa sedih, muka mereka juga ikut sedih. Ia juga menceritakan, “Kou” dan “Kei” suka bertengkar. “Kou” merupakan pribadi yang bossy dan suka difoto, sedangkan “Kei” seperti ratu dan pemalu.
Memang tidak dapat dipungkiri gaya hidup seperti ini memang cocok untuk orang-orang yang “berada”. Selain biayanya yang melambung tinggi, waktu yang disediakan untuk sang “anak” harus ekstra banyak. Namun itulah keunikan gaya hidup seperti ini. Mereka bisa berimajinasi dan “merasakan” adanya kesatuan dan kecocokan “hati” dengan sang “anak”.
TERTARIK? SIAP ROGOH KOCEK UNTUK TEMAN IDAMAN DALAM BERBAGI?
SEMUA TERGANTUNG PILIHAN ANDA! PILIHANMU, HIDUPMU!
(Kurniawan Agung Wicaksono)

5 komentar:

keyko mengatakan...

wow. hobi yang sangat mahal..
ini kayak barbie cuma ukurannya lebih gede yaaa..
pretty interesting, tapi ngga deh yaa buat sayaa.. mahal pisan euy! :D

Imanuelia Kristi mengatakan...

wahwahwah, hobi yg sangat unik sekali yaa..:)
tetapi buat sy akan lebih baik jika pengeluaran yg besar juga untuk hal-hal yang prioritas terlebih dahulu, ttp mungkin itulah yg dinamakan hobi diatas segala-galanya..
semoga bisa memanage waktu dan uang secara bijak saja..dan ttp memprioritaskan hal2 yg mmg perlu diprioritaskan..:)

_crew_ph!_ mengatakan...

@keyko: iya sih, kayak barbie tapi ini lebih lentur...hahahaha, maksudnya gak kaku kayak barbie. khusus dewasa lah pokonya... tertarik? emang mahal sih... tapi ya, ikatan hatinya itu kata pemiliknya dapet banget..
@lmanueklia: ya, mungkin cocoknya untuk orang "berada" atau keluberan duit...:)

Ren mengatakan...

i like this post and the dollfie~
tmn saya juga punya gituan,dan dia emang terlalu protektif sama 'anak'nya~
tp BJD ini mank bagus bgt buat obyek potografi si xDDD

Unknown mengatakan...

Waww keren banget bonekanya >.<
Jadi pengen..