Sabtu, 12 Juni 2010

“Aneh, Seperti Tidak Pernah Melihat Pesawat Terbang Saja”



Anda suka dengan pesawat terbang? Sejauh apakah kata “suka” di dalam diri Anda? Apakah itu bagian dari hidup Anda?
Seorang mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Rico Alfeus L. Tuerah memiliki kebiasaan dan hobi yang berkaitan dengan pesawat terbang. Setiap kali ada pesawat terbang, selalu saja ia tertarik untuk melihatnya. Ya, orang-orang biasa yang tidak tahu hobinya pasti akan bertanya dan cenderung menyimpulkan orang ini “Aneh, seperti tidak pernah melihat pesawat terbang saja”. Namun sebenarnya tahukah Anda apa yang dilakukan Rico adalah salah satu keunikan dari hobinya.
Usut punya usut, ternyata ia sangat suka dengan fotografi khususnya untuk objek-objek pesawat terbang. Bentuk body pesawat terbang yang aerodinamis sangat saying dilewatkan untuk sebuah objek fotografi, khususnya saat take-off dan landing. Apalagi jenis pesawat terbang pun bermacam-macam. Hal itulah salah satu keuntungan dari objek pesawat terbang.
Di sisi lain, Rico juga suka hal-hal yang ada dalam perjalanan bersama pesawat terbang. Untuk semua itu, ia bergabung dengan salah satu komunitas terbesar di Indonesia yang banyak bicara segala hal berkaitan dengan pesawat terbang. Ya, Indoflyer, sebuah komunitas pecinta dunia penerbangan yang mengumpulkan beragam hobi di dalam komunitasnya. Hobi-hobi yang tergabung di dalam Indoflyer meliputi hobi Aviation photography, Game Microsoft Flight Simulator, Diecast, Radio Control Airplane, Aeromodeling, hingga ke forum diskusi penerbangan.
Komunitas yang sering bertemu lewat dunia maya ini memang sudah sangat tertata. Untuk masuk dalam komunitas ini pun Anda harus mengisi langsung formulir di websitenya www.indoflyer.net. Dengan masuk menjadi member dari Indoflyer, banyak sekali keuntungan yang didapat. Selain menyalurkan hobi yang sudah terpatri di dalam diri masing-masing, Anda juga bisa menjalin relasi serta mendapatkan info-info fresh dari beberapa maskapai penerbangan karena hampir sebagian besar pencetus komunits ini memang bekerja di maskapai penerbangan. Seperti ketua komunitas ini, Rinaldi Hanafi merupakan pilot sari salah satu maskapai penerbangan di Indonesia.
Salah satu keunikan dari komunitas ini adalah adanya cabang-cabang hobi yang tentunya masih berkaitan dengan pesawat terbang. Salah satunya adalah Game Microsoft Flight Simulator. Sebuah permainan virtual yang menerapkan sistem penerbangan dengan pemain sebagai “pilot” nya. Indoflyer memberikan informasi dan pelatihan kepada para pecinta game flight simulator untuk dapat melaksanakan kegiatan penerbangannya dengan baik dan benar. Mempelajari mulai dari dasar-dasar terbang hingga ke tahap yang lebih maju seperti program pengambilan rating suatu tipe pesawat tertentu. Tentu saja semuanya dilakukan untuk mengembangkan dunia permainan flight simulator, bukan untuk dilakukan pada dunia penerbangan sebenarnya.
Adanya forum tentang hal-hal yang berkaitan dengan penerbangan membuat orang yang mempunyai hobi dan kebiasaan hidup yang berkaitan penerbangan merasa cocok masuk komunitas ini. Di forum tersebut membahas berbagai hal yang tentunya saling terfokus pada satu topic bahasan. Biasanya, untuk game Flight Simulator sering dibahas dan didiskusikan tentang apa-apa saja yang berkaitan dengan game itu. Begitu pula dengan hal-hal yang berkaitan dengan perjalanannya. Menurut Rico, forum ini sangat bermanfaat karena member bisa tahu dan membandingkan antara pelayanan maskapai penerbangan yang satu dengan yang lainnya. Itu akan membuat standar pada masing-masing maskapai penerbangan di mata tiap member. Selain itu, sering juga forum membahas tentang kendala ataupun kerusakan yang dialami tiap pesawat terbang. Dari situlah mereka mengerti dan bisa menjadi sumber informasi juga kepada masyarakat atau orang yang akan berpergian dengan menggunakan pesawat terbang sebagai transportasinya.
Sisi keunikan yang lain adalah adanya orang-oarang yang suka mengkoleksi miniatur-miniatur pesawat terbang. Hasil penelusuran miniatur pesawat pada salah satu mall di Bandung, harga per buahnya yang kecil saja bisa jutaan. Semua itu tergantung pada kelangkaan dan kepopuleran masing-masing miniatur.
Salah satu sisi positif dari komunitas yang diikuti Rico adalah adanya kegiatan yang tidak melulu berbau penerbangan, melainkan misi kemanusiaan. Hal itu terbukti dari kegiatan yang telah dilakukan (akan rutin) dengan PMI, yaitu aksi donor darah.
Kegiatan yang sangat disukai Rico tentunya berkaitan dengan hobinya. Spotting, istilah yang digunakan untuk hunting foto bareng di lapangan pesawat terbang (bandara). Mereka juga bisa berkunjung ke hangar untuk melihat dan memotret pesawat yang sedang diperbaiki ataupun dirawat.

Dalam website Indoflyer, dijabarkan adanya beberapa kegiatan rutin, yaitu
• Outing ke instansi-instansi penerbangan 3 kali dalam 1 tahun.
• Hunting dan Spotting Photo rutin setiap bulan.
• Indoflyer Rumpi, yaitu ajang kumpul-kumpul anggota setiap minggu ke 4 setiap bulannya.
• Diecast meeting, rutin dilakukan setiap bulan
• Flight Simulator Training yang memakan waktu 6 bulan.
• Gathering yang dilakukan sekali dalam 1 tahun.
• Kegiatan-kegiatan yang berkerja sama dengan pihak lain, seperti seminar, online gamming, pameran, dan juga workshop.
Bagaimana? Apakah Anda merasa bagian dari mereka atau merasa ingin menjadi bagian dari mereka? Mendapat keluarga di dunia maya maupun nyata yang sama-sama cinta penerbangan? Langsung saja kunjungi websitenya!
Saatnya Anda menentukan!
PILIHANMU, HIDUPMU!

(Kurniawan Agung Wicaksono)

7 komentar:

Licia mengatakan...

menarik ya isinya...ga banyak orang yang tau soal ginian..keep up the good work..
eh btw buat fitri, background-nya ga diganti aja? keramean menurut gue..

zoom.in mengatakan...

keren niy hobby kayak gini unik :)

_crew_ph!_ mengatakan...

@all: ya, ini gaya hidup yang unik sekali...

rico mengatakan...

semoga bisa menjadi sebuah pilihan hobi baru di masyarakat luas.

outbound di malang mengatakan...

Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

Unknown mengatakan...

Unik... Tapi Masih Kerenan Komunitas Kami BisMania

Unknown mengatakan...

Ih kaya hobi aku suka pesawat .orang orang aja ngejek aku kayak gitu tapi bukan nya aku peduli nama nya aja hobi