Selasa, 08 Juni 2010

Komunitas Pencinta Skateboard di Jatinangor

Mungkin saja beberapa dari teman-teman mahasiswa pernah melihat atau mungkin juga ikut dalam komunitas ini. Komunitas pecinta skateboard ini muncul dan mulai berlatih sekitar pukul 16.00. Kehadirannya hampir setiap hari, jika tidak sedang hujan. Setelah mempersiapkan segala perlengkapan untuk bermain skateboard, mereka langsung siap untuk memperlihatkan kemampuan mereka dalam bermain. Biasanya, mereka berlatih di jalanan sekitar Universitas Padjadjaran, lebih tepatnya di dekat ATM BNI Unpad.

Soboboys Club adalah nama dari komunitas ini. Memang, jika dilihat dari namanya, maka komunitas ini hanya diperuntukkan bagi kaum Adam. Komunitas skateboar ini tidak melihat batasan usia dan kalangan mana seseorang berasal. Hanya bermodal hobi yang sama, maka komunitas ini dapat berdiri dan bertahan hingga sekarang. Keanggotaan dalam komunitas ini juga tidak ada batasnya. Jika memang suka dan ingin terus mengasah kemampuan bermain skateboard, maka sering-seringlah bermain dengan anggota yang lainnya.

“Komunitas ini awalnya ada dan berdiri sekitar 2002. Yang mendirikannya itu anak-anak Unpad yang punya ketertarikan sama, yaiotu bermain skateboard,” ucap Indra Tijana, mahasiswa angkatan 2005 Hubungan Internasional FISIP Unpad, yang juga merupakan salah satu anggota dari komunitas ini.

Komunitas yang dulunya bernama Pakuan Skateboard Community, hingga sekarang memiliki anggota yang kira-kira berjumlah dua puluhan orang. “Kami berasal dari mana saja. Ada yang dari Cileunyi dan juga Rancaekek. Rata-rata mahasiswa. tapi ada juga yang masih SMP dan SMA,” lanjut pria yang lahir di Batam ini.

Tempat mereka bermain skateboard juga tidak selalu di Unpad. Mereka juga datang ke Kota Bandung untuk bermain bersama di sana. Tanpa pelatih dan hanya mengandalkan kemampuan pribadi masing-masing anggotanya, mereka selalu belajar untuk menjadi skater yang mahir.

Komunitas ini sempat mengajukan diri untuk dijadikan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Unpad. Tapi karena masih terbentur dengan persyaratan yang ada, maka komunitas ini masih menjadi tempat kumpul-kumpul anak muda yang senang dengan skateboard.

Soboboys Club tidak hanya berkumpul dan berlatih saja. Mereka juga turut memeriahkan kompetisi skateboard yang diadakan oleh beberapa pihak.

“Desember lalu, kami ikut kompetisi skateboard di Jakarta. Kalau ada kompetisi lagi, kami akan ikut,” ujarnya.

Meskipun demikian, Indra berharap agar komunitas ini tetap dapat bertahan sampai kapan pun. Sebagai komunitas skateboard yang mungkin hanya ada satu di Jatinangor ini, menurut Indra, tidaklah perlu takut untuk bergabung bersama mereka. Siapa pun yang memang ingin belajar dan tertarik dengan dunia skateboard, sangat dipersilahkan untuk datang dan bergabung.

Apa kamu juga termasuk penggemar skateboard? Jika jawabannya “iya”, tidak perlu ragu untuk melihat dan bergabung dengan mereka.


Fitriana Aprilcilla Suherli, 210110080039

Tidak ada komentar: