Sabtu, 12 Juni 2010

GALABO di Kota Solo



Apakah Anda mempunyai hobi dan kebiasaan atau gaya hidup jalan-jalan? Pernahkah Anda mengunjungi kota yang tak pernah tidur, Solo? Ada satu hal yang unik di Solo pada malam hari, yang tentunya berkaitan dengan urusan perut.
GALABO (GLADAG LANGEN BOGAN) adalah nama tempat wisata kuliner yang ada di Solo. Wisata kuliner di sini unik karena hanya buka dari pk 17.00 WIB. Selain itu, wisata kuliner GALABO ini mengambil konsep modern berada di sebelah timur bundaran Gladag, tepatnya di JL. Mayor Sunaryo depan Beteng Trade Center dan Pusat Grosir Solo. sebelah utara berbatasan dengan situs bersejarah Beteng Vastenburg. Jika siang hari tetap sebagai jalan raya, sedangkan pada malam hari jalan ditutup untuk menjadi arena kuliner.
Mau mencari makanan apa saja rasa-rasanya semua ada. Ada nasi liwet, empek-empek, gudeg, cabuk rambak, timlo, nasi padang, soto, bakso, garang asem, dan masih banyak lagi. Di sepanjang jalan yang kira-kira satu kilometer tersebut ada hampir 200 buah kios atau kedai makanan dan minuman.
Tak perlu takut tidak dapat tempat karena selain kursi, sistem lesehan ala Solo asli sangat sering diminati. Dengan duduk-duduk di pinggir jalan nuansa Solo di malam hari pun dapat terasa. Tak jarang banyak orang yang datang ke GALABO hanya untuk nongkrong atau kumpul-kumpul dengan teman-temanya. Hal inilah yang sering dilakukan anak-anak muda.
Bicara soal harga, harga makanan di Solo memang selalu murah meriah. Namun ada juga orang-orang Solo asli yang menganggap makanan-makanan di GALABO itu mahal. Ya, bisa dikatakan GALABO tidak hanya menjual makanan atau minuman saja tetapi juga menyediakan tempat dan suasana yang mendukung untuk berakrab-akrab ria dengan relasi, bahkan bisa mendapat teman atau kenalan baru hanya dengan jalan-jalan di kawasan GALABO.
Letaknya yang cukup strategis dengan keraton Solo, patung Slamet Riyadi dan tempat-tempat lain membuat orang juga senang berkunjung ke GALABO. Ya, paling tidak ada tempat-tempat terdekat yang berbau budaya dan nuansa seni disana. Cocok juga untuk orang-oarang yang memiliki jiwa fotogarafi.
Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda siap untuk dibuat bingung memilih makanan yang pastinya semua enak-enak dan murah? Serta menikmati suasana malam di Kota Solo. Perlu diketahui, untuk akhir pekan, biasanya ada hiburan musik-musik yang disajikan di GALABO. Di sisi lain, pengunjung pun semakin banyak yang berdatangan.
Belum ke Solo rasanya jika tidak ke GALABO!
PILIHANMU, HIDUPMU!
(Kurniawan Agung Wicaksono)

3 komentar:

Matius Teguh Nugroho mengatakan...

Wah, liburan besok gw ke Solo deh, Gung.
Gw juga belum pernah jalan2 di Solo kog (sejauh ini cuma lewat doang)

imagetabble mengatakan...

nice info.
kapan-kapan ajak wisata Solo toh temanmu ini mas. hehe

_crew_ph!_ mengatakan...

@all: hahaha... ayo2 liburan ke solo..