Rabu, 09 Juni 2010

Dari Hobi, Menjadi Usaha

Bukan hal biasa lagi bila ada beberapa orang sukses yang berhasil menjadikan hobinya sebagai bisnis. Ini pula yang dialami oleh Regina atau yang sering dipanggil Ina. Dengan mengandalkan hobinya “merangkai” foto dengan balutan hiasan yang berasal dari kertas maupun pita, ia bersama seorang sahabatnya, memutuskan untuk membuka sebuah toko yang bernama My Scrapbooking Ideas (MSI).

Mungkin beberapa dari kita akan bertanya, apa itu scrapbooking? Kegiatan scrapbooking adalah kegiatan menghias foto, dengan menggunakan media yaitu kertas. Ini dilakukan agar foto yang kita hias dapat bertahan terus dan menjadi memorabilia bagi kita ataupun anak dan cucu kita. “Mungkin saja dari dulu kita melakukannya, tapi sekarang dikomersilkan. Kegiatan ini memiliki nilai plus. Hal tersebut terlihat dari kertas yang digunakan dapat bertahan hingga 100 tahun,” ucap Ina yang telah membuka MSI sejak 22 Juni 2007.

Kegiatan yang lebih banyak disukai oleh kaum ibu muda menengah ke atas, sekitar usia 25-40 tahun, menjadi banyak diminati. Ini dapat dilihat dari bertambahnya jumlah pembeli dan juga peserta dalam kelas yang diadakan oleh MSI seminggu dua kali, untuk kawasan Bandung. “Pertama kali kami langsung buka tiga toko, dua di Jakarta dan satu di Bandung. Sekarang yang di Jakarta sudah bertambah banyak. Untuk Bandung, Juni ini kami mau membuka toko baru di PVJ,” lanjutnya.

Toko yang berpusat di Cascade, Jalan R.E. Martadinata, Bandung, menawarkan kelas yang dapat diikuti oleh siapa pun yang memang tertarik dengan dunia scrapbooking. “Di kelas yang kami buka, peserta akan diajarkan memilih kertas yang baik, bagaimana mencetak foto yang bagus, layout, mix-max warna, journaling, mengatur komposisi, dan lainnya. Tidak ada paket dan setiap kelas yang diadakan itu berdiri sendiri. jadi, tidak akan ada orang yang merasa ketinggalan pelajaran. Gurunya pun berasal dari komunitas scrapbooking,” ujar wanita yang belajar otodidak ketika pertama kali mengenal scrapbooking.

Kegiatan yang juga memacu kekreativitasan ini, hanya membutuhkan enam hal. Keenam hal tersebut adalah pena, kertas, gunting, penggaris, ukuran kertas (paling tidak berukuran 12”), dan bahan perekat.

Dalam melakukan scrapbooking, Ina sangat menganjurkan untuk menggunakan kertas yang berkualitas, dengan harga yang bisa dikatakan tidaklah murah, tapi berkualitas tinggi. “Kertas yang berkualitas dan yang kami sediakan di MSI adalah kertas yang acid free dan lignin free. Kertas yang seperti itu akan bisa tahan 100 tahun dan tidak menguning. Tidak mau kan foto kenangan kita yang sudah dihias menjadi kuning hanya karena memakai kertas yang tidak acid free dan lignin free? Dan semua bahan tersebut, kami impor langsung dari luar,” sambungnya.

Apa saja yang bisa kita taruh di halaman scrapbook kita?Ada lima hal yang dapat kita pasang dalam halaman scrapbook kita, yaitu foto kenangan maupun tentang peristiwa yang penting dan tidak terlupakan, kertas yang disesuaikan dengan warna foto kita, judul, journaling atau cerita singkat mengenai foto tersebut, dan penambahan ornamen lain seperti pita, stiker, dan lainnya.

Tapi hal yang terpenting menurut Ina dalam melakukan kegiatan ini, adalah keberanian kita sendiri untuk menghias dan berkreasi terhadap foto-foto kita. “Sepertinya kegiatan ini akan semakin baik di Indonesia. Ini juga karena semakin banyak yang minat di dunia semacam ini. Walaupun ini hobi menengah ke atas, tapi bisa dijadikan bisnis untuk mereka pribadi,” ujar wanita yang juga menjadi guru di MSI ini.

Apakah kamu tertarik dengan kegiatan scrapbooking ini? Jika jawabannya “iya”, jangan ragu untuk mengunjungi tokonya yang berada di Cascade, Jalan R.E. Martadinata, Bandung, atau di berbagai mall di Jakarta.

Info lebih jelasnya bisa juga kamu dapatkan dengan mengunjungi www.myscrapbookideas.com atau lewat Facebook.

MSI juga tidak menutup kemungkinan bagi kamu yang berminat menjadi guru di sana lho!
Tunggu apa lagi? Ini bisa menjadi hobi baru kamu, atau bahkan bisnis baru kamu.


Fitriana Aprilcilla Suherli, 210110080039

11 komentar:

anju mengatakan...

"Apakah kamu tertarik dengan kegiatan scrapbooking ini? Jika jawabannya “iya”, jangan ragu untuk mengunjungi tokonya yang berada di Cascade, Jalan R.E. Martadinata, Bandung, atau di berbagai mall di Jakarta."
iklankah ini???
hehe

fitri mengatakan...

ahahahha..pihak sana minta seperti itu saudara anju..
komen yg lain juga dong..ahahahha..

janette mengatakan...

saya sangat tertarik dengan kerajinan tangan seperti ini. scrapbooking bisa jadi hobi yang sangat menarik dan menyenangkan terlebih menghasilkan produk yang oke.

sebenarnya scrapbooking tidak perlu mahal dengan menggunakan kertas kertas mahal seperti yang dijual di counter counter scrapbooking, bisa dengan potongan gambar dari majalah atau brosur toko yang bergambar menarik dan bagus. :D

nice review, though..:D

fitri mengatakan...

kalau tertarik, langsung saja ke sana.
kalau dengan bahan2 tersebut (potongan gambar dari majalah,dll), biasanya akan menguning. MSI ini biasanya untuk mengabadikan foto. hehe.

Dedy PauL mengatakan...

Terima Kasih Fitri,
Seperti yang sudah diterangkan oleh Fitri sebelumnya, material kami memang bisa mengabadikan kenangan sampai 100 tahun, dikarenakan berjenis Acid Free....
silahkan kunjungi facebook kami di My Scrapbook Ideas untuk lebih jelas melihat kegiatan dan material kami...

eko mengatakan...

menarik nih, mau mencoba mengunjungi counter nya untuk lihat lihat.

evan mengatakan...

scrapbook itu kayak membingkai foto ya? --maaf, saya baru tau-- :)

sulis mengatakan...

menarik sekali, apa mungkin diadakan semacam workshop untuk kerajinan scrapbooking ini?

Unknown mengatakan...

jika ingin menjadi guru apa ada trainignnya terlebih dahulu dan apa persyaratan untuk menjadi guru di MSI?

Unknown mengatakan...

Kalau mau ikutan kelas bikin scrapbook ini...biaya dan syaratnya apa aja??

Unknown mengatakan...

Kalau mau ikutan kelas bikin scrapbook ini...biaya dan syaratnya apa aja??